Beasiswa BBM Bagi Mahasiswa

Republika (28/5) – Pemerintah akan memberikan beasiswa kepada 400ribu mahasiswa tidak mampu, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM) sebesar Rp500,000 per semester itu merupakan bagian dari kompensasi kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

“Beasiswa akan diberikan mulai semester ganjil 2008 atau sekitar Juli. Untuk dua semester selanjutnya akan diusulkan ke DPR,”kata Menko Kesra, Aburizal Bakrie, usai rapat kabinet di kantor presiden di Jakarta (27/5)

Mendiknas, Bambang Sudibyo menjelaskan, pemberian beasiswa ini dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melihat adanya asimetri dalam subsidi pendidikan. Untuk wajib belajar sembilan tahun sudah ada biaya operasional sekolah (BOS) dan sekolah menengah ada bantuan khusus murid. “Tapi mahasiswa tidak ada.” Padahal, kenaikan harga BBM turut mempengaruhi biaya hidup mahasiswa. “Presiden meminta Menkeu memindahkan dana dari pos subsidi BBM ke beasiswa atau BKM ini,” kata Bambang.

Jumlah 400ribu mahasiswa itu, lanjutnya, mewakili 8-11 persen mahasiswa aktif di Indonesia. “Saat ini total ada 83 perguruan tinggi negeri dan 2700-an swasta.”

NB: Untuk informasi lebih lanjut ada baiknya hubungi pihak rektorat kampus masing-masing atau departemen pendidikan nasional di daerah masing-masing.

http://infobeasiswa.org/beasiswa_bbm_bagi_mahasiswa.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: